About

Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, berdasarkan Surat Keputusan Ditjen Dikti No. 642/D/T/2005, mulai tahun akademik 2005/2006 membuka pendidikan Program Studi Doktor  Ilmu Ternak. Program Doktor Ilmu Ternak terbuka bagi Magister (Strata 2) dalam bidang Ilmu  Peternakan (Nutrisi dan Pakan, Produksi Ternak, Sosial & Ekonomi Peternakan, Teknologi Pengolahan Produk Peternakan), Pertanian, Kedokteran Hewan dan Biologi. Bagi mahasiswa yang mempunyai latar belakang S-2 diluar bidang ilmu di atas, akan dipertimbangkan diterima untuk mengikuti program.

Program Doktor Ilmu Peternakan Universitas Diponegoro mempunyai kompetensi unggulan dalam mendukung pengembangan optimalisasi produktivitas dan pakan serta plasma nutfah ternak lokal termasuk satwa harapan di daerah tropis. Dukungan tersebut dilakukan dengan pendekatan ipteks dalam bidang-bidang kajian ilmiah, terkait dengan pemilihan judul disertasi, yaitu meliputi: 1. Ilmu Produksi Ternak; 2. Ilmu Nutrisi dan Pakan; 3. Ilmu Tanaman Pakan; 4. Ilmu Pemuliaan dan Reproduksi Ternak; 5. Ilmu Sosial Ekonomi Peternakan; 6. Ilmu dan Teknologi Pengolahan Produk Peternakan.

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) nomor : 007/SK/BAN-PT/Ak-X/D/I/2013 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Doktor menetapkan bahwa program studi Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian UNDIP mendapatkan peringkat Akreditasi "A" (Sangat Baik).